update kalau tdk bisa cb ini : ROCHIM_MY ELECTRIC: Rangkaian Sensor Cahaya

Rabu, 23 Januari 2013

Rangkaian Sensor Cahaya

ElectaX Blog. Beragam Aplikasi Rangkaian Sensor mungkin talah banyak beredar di Internet. Mungkin tulisan saya ini adalah tulisan tentang rangkaian sensor yang kesekian kalinya. Pada tulisan-tulisan sebelumnya, saya juga telah pernah mempublish contoh rangkaian sensor suhu dan Contoh rangkaian Sensor air.
Untuk melengkapi tulisan saya tersebut, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Rangkaian Sensor Cahaya Sederhana Menggunakan LDR.

Seperti biasanya, sebelum kita memulai membuat rangkaian sensor cahaya sederhana ada baiknya jika kita terlebih dahulu mengetahui daftar komponen apa saja yang kita butuhkan untuk membuat rangkaian sensor cahaya ini. Berikut ini adalah dafatar komponen yang kita butuhkan untuk membuat rangkaian sensor cahaya sederhana menggunakan LDR:
1.      LDR
2.      Resistor Variabel
3.      Resistor tetap
4.      Transistor
5.      Led indikator
6.      Baterai 9 volt

Adapun contoh rangkaian sensor cahaya sederhana adalah sebagai berikut:
Gambar Rangkaian Sensor Cahaya


Sedikit Penjelasan Mengenai prinsip Kerja Rangkaian Sensor Cahaya diatas.
Sama seperti Rangkaian sensor pada umumnya, Rangkaian sensor diatas juga terdiri dari rangkaian pembagi tegangan dan rangkaian saklar otomatis menggunakan transistor.
Jika Sensor Cahaya LDR terkena cahaya dalam intensitas yang tinggi maka hambatan LDR akan menjadi rendah, arus akan mengalir melewati resistor tetap dan akan mengaktifkan Saklar Otomatis. Dan LED indikator akan menyala. Dan Sebaliknya.


Demikianlah Tutorial Elektronika yang dapat saya berikan pada kesempatan kali ini. Jika ada pertanyaan dan saran silakan tuliskaan saja di kotak komentar.

Selamat Belajar!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar