update kalau tdk bisa cb ini : ROCHIM_MY ELECTRIC: Membuat Termometer Digital Sederhana

Selasa, 22 Januari 2013

Membuat Termometer Digital Sederhana

ElectaX. Thermometer digital sebenarnya bukanlah barang baru lagi dalam dunia elektronika. Ada banyak Contoh rangkaian thermometer digital yang dapat anda cari di internet. Silakan anda masukan keyword di google seperti “Membuat Thermometer Digital” maka anda akan menemukan banyak artikel yang menulis tentang Themometer Digital.
Jadi tidak ada salahnya jika kita mencoba membuat Thermometer digital sendiri. Bagaimana Caranya?

Tutorial Elektronika kali ini akan membahas bagaimana membuat thermometer digital sendiri. Sebelum memulai membuat thermometer digital, terlebih dahulu kita kumpulkan komponen elektronika yang kita butuhkan. Komponen Elektronika yang kita butuhkan sebagai berikut:
  1. Sebuah Thermistor
  2. 6 buah Resistor 10KOhm
  3. 4 buah Resistor 480 Ohm
  4. 4 buah IC LM339
  5. 4 buah led dengan warna yang berbeda-beda; Biru, Hijau, Kuning dan Merah
  6. Sebuah Buzzer
Setelah kita mengumpulkan komponen-komponen tersebut, kita dapat merangkainya seperti contoh rangkaian thermometer digital dengan indicator led dibawah ini.

Gambar Rangkaian Termometer Digital Sederhana

Gambar.1 Rangkaian thermometer Digital

Rangkaian Thermometer digital tersebut dapat anda pasang di tempat tinggal anda, baik di ruang tamu ataupun di kamar tidur anda.
Cara kerja rangkaian elektronika tersebut kurang lebih seperti ini:
  1. Ketika Suhu yang dideteksi oleh thermistor sebesar 0oC-15oC maka Led yang pertama (berwarna biru) akan menyala yang mengindikasikan suhu dingin.
  2. Ketika Suhu yang dideteksi oleh thermistor sebesar 20oC-30oC maka Led yang kedua (berwarna hijau) akan menyala yang mengindikasikan suhu normal.
  3. Ketika Suhu yang dideteksi oleh thermistor sebesar 35oC-55oC maka Led yang ketiga (berwarna kuning) akan menyala yang mengindikasikan suhu meningkat.
  4. Ketika suhu yang dideteksi oleh thermistor mencapai hingga 60oC lebih maka Led keempat (berwarna merah) akan menyala ditambah suara buzzer yang mengindikasikan bahaya.
Gambar Rangkaian Termometer Digital Sederhana

Gambar.2 Rangkaian Thermometer Digital berkerja


Tidak ada komentar:

Posting Komentar