update kalau tdk bisa cb ini : ROCHIM_MY ELECTRIC: Rangkaian Penghasil Delay

Selasa, 22 Januari 2013

Rangkaian Penghasil Delay

ElectaX. Delay atau Jeda Waktu adalah penundaan eksekusi tertentu berdasarkan timing yang telah diatur. Dalam dunia pemrograman, Delay sangat bermamfaat karena kita dapat melihat respon yang terjadi dari program yang telah kita buat.
Sebagai Contoh pada Pemrograman Visual Basic, Kita gunakan perintah Sleep (Nilai Delay dalam ms) untuk menciptakan delay dalam ms. Atau dalam pemrograman bahasa c, kita gunakan perintah Delay_ms(nilai delay dalam ms). Namun terlebih dahulu kita deklarasikan perintah-perintah delay tersebut.
Nah, pada postingan kali ini saya ingin memberikan beberapa contoh rangkaian yang dapat kita gunakan sebagai rangkaian elektronika penghasil delay. Berikut ini contohnya.

Rangkaian Elektronika penghasil delay yang pertama adalah dengan menggunakan Rangkaian Transistor. Berikut ini contoh rangkaiannya.
Rangkaian Penghasil Delay Menggunakan Relay

Rangkaian Transistor diatas kita gunakan sebagai rangkaian timer (delay) sederhana. Nilai delay yang dihasilkan dibentuk oleh dua komponen elektronika yaitu resistor variabel dan kapasitor. Sedangkaian rangkaian transistor darlington kita gunakan sebagai penguat ganda agar intensitas cahaya lampu tidak redup.

Rangkaian elektronika penghasil delay yang kedua adalah menggunakan ic timer counter NE555. Adapun contoh rangkaiannya adalah sebagai berikut.
Rangkaian Penghasil Delay Menggunakan IC

Rangkaian elektronika penghasil delay diatas menggunakan IC NE555. Rangkaian Monostable diatas dapat juga kita gunakan untuk menghasilkan timer yang sangat bermamfaat. Besar nilai delay (timer) yang dihasilkan dibentuk oleh Resistor Variabel, resistor tetap dan juga kapasitor. Kondisi awal rangkaian diatas adalah LED D2 menyala dan juga Buzzer. Ketika kita menekan button SW1 maka LED D1 yang akan menyala dan membutuhkan waktu lagi agar LED D2 menyala karena terjadi pengisian pada kapasitor yang kita gunakan.Ketika kapasitor telah terisi penuh maka LED D2 dan Buzzer kembali menyala.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar