update kalau tdk bisa cb ini : ROCHIM_MY ELECTRIC: Penggunaan Kontrol Array Pada Visual Basic

Selasa, 24 Mei 2011

Penggunaan Kontrol Array Pada Visual Basic

.Elektronika 00. Kontrol Array merupakan pengelompokan sekumpulan kontrol yang memiliki fungsi yang sama dalam suatu variabel array. Penggunaan Kontrol array tidak berbeda jauh dengan penggunaan fungsi array pada visual basic. Penggunaan Kontrol Array adalah untuk mempersingkat waktu pengerjaan program khususnya program yang memiliki banyak kesamaan struktur dan perintah.
Untuk membuat control Array sangat mudah. Berikut ini akan diberikan contoh pembuatan dan penggunaan dari kontrol array pada visual basic. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Buatlah sebuah project baru menggunakan visual basic yang ada di computer anda.
  2. Tambahkan 5 buah kontrol command button.
  3. Untuk Command Button yang pertama, Ubah propertynya sebagai berikut:
Name               : Tombol
Index                : 0 (Nol)
  1. Selanjutnya lakukan hal yang sama pada keempat kontrol command button lainnya. Dengan catatan nomor indexnya ditambahkan satu setiap kontrolnya.
Nb. Anda dapat dengan mudah membuat banyak kontrol array. Caranya cukup dengan mengkopi kontrol yang pertama sebanyak jumlah kontrol yang anda butuhkan.

  1. Klik dua kali salah satu kontrol command button dan isiskan script visual basic berikut ini.
    Private Sub Tombol_Click(Index As Integer)
    Print "Tombol Ke- " & Index
    End Sub

  2. Jalankan program yang telah dibuat dan lihat hasilnya seperti gambar berikut. 
Gambar.1 Contoh Penggunaan Kontrol Array pada Program Visual Basic

            Penggunaan kontrol array ini sangat membantu program untuk mempercepat penulisan program. Selain itu juga, script program yang kita gunakan lebih sedikit sehingga untuk melakukan koreksi terhadap program yang dibuat akan lebih mudah.
            Coba bandingkan dengan program yang tidak menggunakan fungsi array seperti ini. Kita memang dapat membuatnya tanpa array, namun waktu yang kita butuhkan akan lebih banyak dan tentunya akan melelahkan juga.
            Contoh lain dari penggunaan kontrol array adalah pada kalkulator sederhana. Silakan anda melakukan eksepriman dan latihan sendiri terhadap penggunaan fungsi array ini.

Selamat Mencoba! Keep Smile And Stay On My Blog!

Kunjungi Juga Blog-Blog Saya lainnya:

Keyword: Penggunaan Kontrol Array, Contoh Program Visual Basic, Visual Basic, Contoh program sederhana dengan visual basic , tutorial visual basic, program sederhana dengan visual basic, membuat game sederhana dengan visual basic


Tidak ada komentar:

Posting Komentar