update kalau tdk bisa cb ini : ROCHIM_MY ELECTRIC: Robo Soccer

Minggu, 08 April 2012

Robo Soccer

      






robot ini sebernya gak begitu canggih , karna ini murni pemikiran saya yang terinspirasi dari robot-robot saya yang kemarin-kemarin yaitu LIFOBOT analog ( line follower analog ) , ya bisa dibilang ini Cuma eksperiment saya saja..
setelah saya buat robot line follower  , trus gak sengaja saya lihat di youtube ada robot soccer .
kepikiran membuat robot soccer.
         Pas saya pikir-pikir bagaimana cara kerjanya , kayaknya sama saja konsepnya dengan line follower . trus saya coba membuatnya. ternyata lebih simpel dari line follower robot , tentunya juga lebih murah ( kalau yang sederhana).
langsung saja deh !
ROBOT SOCCER

                robot saya yang satu ini yaitu cuma menggunakan dengan kendali manual saja gak pakai mikrokontroller .cuma beberapa saklar yang saya susun, nah ini adalah skema bagan kerjanyas.

  1.  remot ( pakai kabel ) untuk input robot. Remot ini saya buat inputnya jadi 5 volt dengan bantuan transistor 7805 yang nantinya akan masuk ke rangkaian selanjutnya . dan saya beri led untuk indikatornya aja 
  2.  Rangkaian Utama yang terdiri dr 2 IC H-Bridge ( bisa pakai IC L293 , L298 atau pakai transistor yang disusun ) kalau robot soccer saya pakek IC L293 .kenapa ya kok harus pakai 2 IC H-bridge ? ya kalo menurut saya 1 untuk aksi robot berjalan ( maju , mudur belok ) dan yang satunya buat aksi motor untuk menendang.
  3. aksi atau output yang digunakan untuk menendang dan berjalan yang tentunya semua itu pakai motor.
Ternyata simpel juga ya ? memang iya .
ini Schematic Robot Soccer saya yang saya buat dari software eagle, maaf ya masih banyak kekurangannya .

daftar Komponen :
- 2 IC H-Bridge Motor ( L293)
- Conector
- Switch
- IC 7805
- Motor
- 2 resistor 470
- LED 

         

               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar