update kalau tdk bisa cb ini : ROCHIM_MY ELECTRIC: Rangkaian Lampu Berjalan dengan IC Decode Counter

Sabtu, 25 Juni 2011

Rangkaian Lampu Berjalan dengan IC Decode Counter

Aplikasi Led atau Lampu berjalan merupakan aplikasi yang cukup menyenangkan untuk kita coba. Beragam artikel tentang Led berjalan sendiri telah banyak ditulis dan diulas di beragam Blog dan Sites. Anda sendiri dapat mencarinya di Google dengan Keyword “Led Berjalan” ataupun “Running Led”. Blog Andiero saja telah pernah membahas mengenai Led berjalan menggunakan Mikrokontroler Atmega 8535.

Namun Tidak ada salahnya jika kali ini kita mencoba membuat Led berjalan menggunakan Rangkaian Elektronika. 
Sebelum kita memulai membuat rangkaian elektronika lampu berjalan (rangkaian Led berjalan) ada baiknya jika kita mengetahui dan mengumpulkan komponen elektronika yang kita butuhkan untuk membuat eksperimen/percobaan lampu berjalan ini. Adapun komponen-komponen yang dibutuhkan antara lain adalah sebagai berikut:
1. IC NE555     1 buah
2. IC Decoder 4017B     1 buah
3. Resistor 10kOhm atu 100kOhm     1 buah
4. Resistor Variabel 10kOhm atau 100kOhm     1 Buah
5. Kapasitor 20uF atau 100uF     1 buah
6. 10 buah Led
7. Power supply 9 volt

Adapun contoh rangakaian led berjalan (running Led0 yang akan kita buat adalah sebagai berikut.

Gambar.1 Contoh Rangkaian Led Berjalan

Sedikit penjelasan mengenai prinsip kerja led berjalan di atas adalah lebih kurang sebagai berikut.
 
Rangkaian lampu berjalan atau lebih sederhana disebut rangkaian led berjalan di atas terdiri dari dua buah rangkaian yaitu rangkaian counter dan juga rangkaian sekuensial. rangkaian counter tersebut berasal IC NE555 yang akan memberikan detak jantung (clock) ke rangkaian sekuensial dari IC decoder 4017B yang terhubung dengan LED berjalan. 
 
Besarnya jeda (delay) yang dialami oleh Led berjalan tersebut tergantung dari seberapa besar clock yang dihasilkan oleh rangkaian astabel IC NE555. Delay tersebut sebenarnya dapat kita atur dengan menentukan besar nilai dari resistor, resistor variabel dan kapasitor yang kita gunakan.
 
Kita dapat juga menganti fungsi rangkaian astabel dari IC NE555 dengan rangkaian input lainnya seperti dari Push button, Namun kita membutuhkan penguat dari IC Smitch Trigger untuk membuat clock yang cocok ke IC 4017B.

Keyword: contoh rangkaian lampu berjalan, contoh rangkaian led berjalan, lampu berjalan, led berjalan,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar