update kalau tdk bisa cb ini : ROCHIM_MY ELECTRIC: Rangkaian Power Supply 5 Volt dan 12 Volt

Sabtu, 25 Juni 2011

Rangkaian Power Supply 5 Volt dan 12 Volt

 Dalam dunia elektronika, kebutuhan akan sumber tegangan khususnya tegangan dc amat sangat penting. Karena mengingat peranannya sebagai sumber utama untuk menjalankan rangkaian elektronika yang kita buat.Lanjut Baca..?


Sumber tegangan dc ini bisa kita dapatkan baik dari baterai ataupun aki kering sebagai pemasok sumber tegangan. Namun keterbatasan energi yang dimiliki oleh kedua sumber tersebut membatasi ruang gerak kita dalam melakukan eksperimen-eksperimen elektronika kita.
Oleh karena itu, solusi terbaik adalah dengan menggunakan power supply atau lebih dikenal dengan adaptor. Power Supply ataupun lebih dikenal dengan Adaptor dapat kita temui terjual bebas dipasaran dengan harga yang beraneka ragam.
Namun tidak ada salahnya jika kita membuat sendiri supply tegangan dc dengan membuat converter dari sumber ac. Berikut ini akan saya berikan contoh rangkaian power supply 5 volt dan 12 volt beserta daftar komponen yang dibutuhkan.
Komponen-komponen yang dibutuhkan untuk membuat power supply 5 volt dan 12 volt ini adalah sebagai berikut.
  1. Transformator (Trafo) jenis CT 10: 1
  2. Dioda Bridge (Dioda Kuprok) 2 A
  3. Voltage Regulator 7805 dan 7812
  4. Kapasitor jenis Elco 2200uF dan 47uF (470uF) masing-masing 2 buah
  5. terminal 2 buah
Adapaun contoh rangkaian power supply 5 volt dan 12 volt ini adalah sebagai berikut.
 Gambar.1 Contoh Rangkaian Power Supply 5 Volt dan 12 Volt

Untuk mendapatkan supply tegangan dengan nilai yang berbeda-beda, anda dapat menggunakan Trafo dengan tipe yang berbeda. Dipasaran sendiri telah dijual dengan bebas trafo dengan banyak keluaran seperti 1,5 volt, 3 Volt, 6 Volt, 9 Volt, 12 Volt, 15 Volt, 19 Volt dalam satu trafo.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar