update kalau tdk bisa cb ini : ROCHIM_MY ELECTRIC: Rangkaian H-Bridge Menggunakan Relay

Senin, 25 April 2011

Rangkaian H-Bridge Menggunakan Relay


Gambar.1 Rangkaian H-Bridge menggunakan Relay

elektronika00.tk. Rangkaian h-bridge pada dasarnya merupakan rangkain yang tersusun oleh sekumpulan transistor yang berfungsi sebagai driver motor. Khususnya motor dengan kebutuhan arus dan tegangan yang cukup besar. Namun tidak ada salahnya kita mencoba dengan menggunakan komponen elektronika lainnya seperti relay.
Komponen-komponen yang kita butuhkan untuk membuat rangkaian driver motor menggunakan relay tidak jauh berbeda dengan komponen yang dibutuhkan oleh rangkaian h-bridge pada umumnya. Komponen-komponen tersebut seperti:
- Relay 9-12 volt
- Dioda
- Transistor NPN 2N2222A
- Resistor
- Sumber tegangan 9-12 volt
- dan Sumber input
Untuk jelasnya rangkaian driver motor menggunakan relay dapat anda lihat seperti gambar di atas. Prinsip kerja rangkaian driver motor menggunakan relay di atas tidak jauh berbeda dengan prinsip kerja rangkaian H-Bridge menggunakan transistor. Relay pada rangkaian driver motor ini berfungsi sebagai saklar otomatis yang akan mengatur perputaran dari motor. Pin A dan Pin B merupakan sumber input yang akan mengatur bukaan relay sehingga dapat mengatur arah perputaran dari motor. Sumber tersebut dapat berasal dari sensor ataupun dari output mikrokontroler.
Dalam dunia robotika, rangkaian driver motor seperti ini sangat bermamfaat dan tidak bias dilepaskan. Namun saat ini, rangkaian driver motor telah dibuat dalam sebuah IC seperti L298.
Keyword: Rangkaian H-Bridge, Rangkaian driver motor, driver motor, rangkaian relay, rangkaian driver motor menggunakan relay, rangkaian h-bridge menggunakan relay, rangkaian h-bridge dengan relay, rangkaian driver motor dengan relay, saklar otomatis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar