update kalau tdk bisa cb ini : ROCHIM_MY ELECTRIC: Mikrokontroler

Minggu, 31 Maret 2013

Mikrokontroler

Mikrokontroler adalah salah satu dari bagian dasar dari suatu sistem komputer. Meskipun mempunyai bentuk yang jauh lebih kecil dari suatu komputer pribadi dan komputer mainframe, mikrokontroler dibangun dari elemen-elemen dasar yang sama.


  Mikrokontroler banyak digunakan untuk sebuah kendali kecil bahkan ada yang lebih dari sekedar kendali sedrhana misalnya di industri . Mikrokontroler harganya sangat terjangkau terutama bagi kalangan siswa atau mahasiswa. hanya kisaran puluhan ribu
 Jenis -jenis Mikrokontroler juga bermacam-macam , yang sering saya gunakan adalah mikrokontroler AVR (atmega 8535 ,32 ,16 , 8) . Mikrokontroler mempunyai fitur yang berbeda-beda untuk lebih jelasnya bisa melihat di datasheetnya .
  Pada Robot Digital Mikrokontroler sangat berperan seperti Line tracer(line follower) mikrokontroler dll. Mikrokontroler merupakan jenis IC TTL jadi butuh tegangan 5 Volt untuk mengoprasikannya.
  Bahasa pemrograman Mikrokontroler bermacam-macam ada yang menggunakan bahasa C , Basic dll. pemrograman Mikrokontroler lebih rumit daripada pemrograman pada PLC . Tapi masalah harga mikrokontroler lebih murah .
  bagi teman-teman yang pengen belajar mikrokontroler dan pemrogramannya bisa menggunakan simulasi Proteus ISIS . yang bisa dilihat di postingan saya yang lalu disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar