update kalau tdk bisa cb ini : ROCHIM_MY ELECTRIC: Power Supply

Sabtu, 14 Juli 2012

Power Supply

    kebetulan Ujian praktek kemarin saya di suruh membuat power supply sama bapak. asik juga tuh soalnya saya pernah belajar Power supply sebelumyna , ini dia Schematicnya :

daftar komponennya sbb:

capasitor
elko
resistor
led
switch
trafo
terminal 2 pin
dioda
VR ( potensiometer )
kabel hitam dan merah
IC LM 317

cara kerja rangkaian ini yaitu :
    arus AC yg mengalir masuk ke trafo yang akan menurunkan tegangannya dari 220 volt menjadi 12 V ( terserah mau d turunin berapa tegangannya )
dari trafo langsung mengalir ke bridge rectifier( jembatan penyearah ) yang terdiri dari rangkaian dioda yang disusun sedmikian rupa sehingga bisa merubah arus AC menjadi DC
lalu mengalir ke regulator LM317 ( IC ini digunakan untuk mengubah nilai tegangannya dengan memutar potensiometernya ) , dan elconya untuk menampung muatan2 dari rangkaian tersebut.
Led disini digunakan untuk indikator saja , jika led menyala redup ini berarti tegangan minimum yang diberikan oleh power supply ini sebaliknya . untuk lebih pastinya bisa diukur dengan multimeter atau avo meter
di tambah lagi ada transistor 2955 untuk penguat sekaligus pengaman rangkaian ( lebih jelasnya bisa dilihat di data sheet ). untuk outputnya siapkan kabel merah untuk tegangan + dan hitam untuk 0v.

dan ini power supply yang saya buat :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar